top of page
Gambar penulisArif Wijaya

Sworn Translator Jakarta: Tips Memilihnya

Penerjemah bersertifikat juga sering disebut dengan istilah asingnya yaitu sworn transalator. Bagi Anda yang sedang mencari sworn translator Jakarta, pada artikel ini akan dibahas beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih penerjemah bersertifikat terpercaya.



Sworn Translator Jakarta


Sworn translator merupakan penerjemah tersumpah yang menyatakan bahwa hasil terjemahan yang dilakukan adalah representasi akurat terhadap dokumen asli yang ditulis dengan menggunakan bahasa lain.


Tips Memilih Sworn Translator Jakarta


Beberapa dokumen yang perlu diterjemahkan dan disertifikasi oleh sworn translator jakarta diantaranya seperti perjanjian, kontrak, akta notaris, dokumen pengadilan, akta kelahiran yang digunakan sebagai alasan kewarganegaraan, rekening bank, ijazah dan transkrip nilai hingga email yang dibutuhkan sebagai bukti pengadilan dan masih banyak lagi.


Pentingnya terjemahan dokumen ini membuat kebanyakan orang membutuhkan penerjemah tersumpah. Dalam hal ini Anda juga harus mengetahui tips dan trik yang digunakan dalam memilih penerjemah tersumpah supaya tidak salah pilih ya.



Salah satu sworn translator Jakarta terpopuler dan berkualitas adalah Penerjemah Tersumpah Arif. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja layanan yang diberikan Anda bisa langsung menghubungi kontak yang tersedia pada website penerjemah-tersumpah-arif.com. Di situ Anda juga bisa langsung mengirimkan berbagai pertanyaan yang Anda butuhkan dengan mengisi form yang ada di website.


Sebut saja berbagai perusahaan asuransi terkenal, perusahaan maskapai penerbangan hingga salah satu satuan Kepolisian Daerah juga menggunakan jasa dari Penerjemah Tersumpah Arif. Jadi tak perlu ragu untuk menggunakan layanan jasa kami yuk segera hubungi kontak kami yang tertera di website.


Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan.


- Bersertifikat


Dalam menjamin kualitas yang dimiliki jasa penerjemah mungkin cukup sulit dilakukan. Namun dalam hal ini Anda bisa mengetahuinya dari sertifikat yang dimiliki. Pastikan bahwa sworn translator Jakarta yang Anda pilih sudah bersertifikat.


Dengan adanya sertifikat ini akan membantu Anda dalam memastikan bahwa penerjemah tersebut telah memenuhi persyaratan. Pilihlah penerjemah yang telah yang memiliki SK Penerjemah Tersumpah dan Sertifikat Penerjemah HPI (Himpunan Penerjemah Indoensia) untuk memperoleh hasil terbaik. Sertifikat Penerjemah HPI adalah sertifikasi nasional yang diberikan oleh lembaga yang memang menaungi profesi penerjemah di Indoensia serta diakui juga diluar negeri.


- Pengalaman bahasa


Tips selanjutnya pastikan juga dalam memilih sworn translator Jakarta yaitu yang memiliki pengalaman bahasa. Penerjemah terbaik umumnya mempunyai kefasihan terhadap dua bahasa yaitu bahasa asli dokumen yang Anda miliki dengan bahasa terjemahannya. Penerjemah terbaik kerap kali juga disebut native speaker.


- Pengalaman di industri


Tidak hanya memiliki pengalaman bahasa yang baik yaitu mempunyai kefasihan terhadap berbagai bahasa. Penerjemah profesional yang berkualitas juga memiliki pengalaman di beberapa industri. Anda bisa memastikan bahwa penerjemah yang Anda pilih ini familiar terhadap industri yang akan Anda tuju.


Contohnya jika Anda sedang mencari sworn translator Jakarta untuk kepentingan mendaftar perguruan tinggi di luar negeri Anda bisa memilih ahli yang fasih serta familiar terhadap terminologi studi luar negeri. Perlu diingat bahwa masing-masing industri ini baik itu di bidang hukum, keuangan maupun sains mempunyai terminologi serta jargonnya masing-masing.


Jadi pastikan Anda memilih penerjemah yang sudah berpengalaman di bidangnya supaya hasil terjemahannya bisa lebih fokus terhadap apa yang diinginkan.


- Testimoni klien


Cara terbaik selanjutnya yang bisa membantu Anda dalam menentukan kualitas terhadap layanan terjemahan yaitu dengan melihat referensi dari penyedia jasa yang Anda pilih. Anda bisa mengetahui referensi maupun testimoni yang diberikan klien dengan mengaksesnya di situs web penyedia jasa terjemahan tersebut.


Cara terbaik lainnya yaitu Anda memperoleh rekomendasi secara pribadi dari rekan terdekat Anda. Hal ini juga menjadi cara termudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jasa penerjemah terbaik dan berkualitas yang diinginkan.


- Tepat waktu


Tips selanjutnya Anda juga bisa mempertimbangkan jangka waktu yang ditawarkan oleh penyedia jasa. Seperti yang diketahui terkadang Anda mungkin mendapati terdesak waktu hingga memerlukan dokumen yang diterjemahkan dalam waktu yang singkat. Maka dati itu Anda memerlukan ahli terjemahan yang bisa diandalkan dengan menawarkan hasil terjemahan yang didapat secara cepat serta tepat waktu.


- Harga


Selain kualitas Anda juga penting mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Memang benar tidak boleh melupakan nilai saat berbicara mengenai pemilihan layanan terjemahan terbaik. Namun mempunyai terjemahan dengan kualitas tinggi dan waktu penyelesaian terbaik, layanan yang diberikan harus sepadan dengan biayanya.

Jadi setelah Anda memastikan bahwa perusahaan terjemahan yang Anda cari tersebut telah memenuhi semua kriteria yang Anda butuhkan maka selanjutnya Anda dapat membandingkan serta membedakan layanan tersebut dari segi harga dan nilainya.


- Memberikan layanan revisi


Tips selanjutnya selain fasilitas yang diberikan Anda juga wajib mempertimbangkan berbagai garansi yang diberikan salah satu contohnya yaitu penerjemah yang memberikan layanan revisi. Jasa penerjemah profesional mungkin memang sangat minim dalam membuat kesalahan. Namun bisa jadi beberapa konsumen kerap kali merasa ada yang kurang pas terhadap hasil terjemahan tersebut.


Contohnya seperti kurang menyukai style penulisan yang diberikan atau ingin mengganti beberapa istilah-istilah tertentu yang disampaikan pada hasil terjemahan tersebut. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa memilih penerjemah yang menawarkan layanan garansi yaitu revisi secara cuma-cuma. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan hasil terjemahan yang sesuai dengan gaya penulisan yang Anda kehendaki.


- Menjamin kerahasiaan dokumen yang diterjemahkan


Walaupun dokumen yang ingin Anda terjemahkan merupakan dokumen biasa sekalipun Anda tetap harus menggunakan jasa penerjemah yang menjamin kerahasiaan terhadap isi dokumen Anda. Hal tersebut penting dilakukan sebab Anda tentu tidak ingin dokumen Anda jatuh ke orang yang tidak bertanggung jawab kan?


Jaminan kerahasiaan terhadap isi dokumen tersebut setidaknya dapat dilihat berdasarkan social proof yang didapat dari klien sebelumnya tentang jasa penerjemah. Jadi Anda bisa mengetahuinya berdasarkan testimoni yang diberikan oleh klien ataupun interaksi positif yang dilakukan antara klien melalui beberapa saluran komunikasi yang ada.


- Baca contoh terjemahan


Selain melihat social proof dari para klien, Anda juga bisa membaca contoh terjemahan yang dilakukan penerjemah tersebut untuk meyakinkan Anda tentang kualitas yang dimiliki penerjemah yang Anda pilih. Penting bagi Anda melihat portofolio yang dimiliki penerjemah tersebut sebagai bukti yang bisa meyakinkan Anda untuk menggunakan jasa penerjemah ini.


Contoh terjemahan yang dibuat oleh ahli penerjemah yang berkualitas bisa Anda perhatikan dari segi penggunaan ejaan, tata bahasa ataupun tanda baca yang dituliskan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memperhatikan makna yang didapat dari hasil terjemahan tersebut apakah sudah tersampaikan dengan baik dan sesuai dengan dokumen aslinya atau belum.


contoh terjemahan dokumen


Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih sworn translator Jakarta yang tepat. Berdasarkan penjelasan di atas tidaklah sulit dalam memilih sworn translator yang berkualitas.


Anda hanya harus lebih teliti dan mempertimbangkan sebaik mungkin supaya mendapat penerjemah terbaik dan hasil terjemahan sesuai dengan keinginan Anda. Semoga bermanfaat.

 



28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page