top of page
  • Gambar penulisArif Wijaya

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Penerjemah Tersumpah?

Diperbarui: 19 Apr

Pernahkah Anda mendengar jasa penerjemah tersumpah? Mereka adalah seorang penerjemah profesional yang sudah diakui kemampuannya oleh pemerintah. Untuk menjadi penerjemah tersumpah sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, Anda harus melewati berbagai proses uji hingga lolos dan mendapatkan sertifikasi penerjemah tersumpah. Jika Anda tertarik mendapatkan sertifikasi tersebut, mari simak penjelasan mengenai cara mendapatkan sertifikat penerjemah tersumpah yang telah kami rangkum.



Sertifikat Penerjemah Tersumpah


Apa Itu Penerjemah Tersumpah


Sebelum membahas mengenai cara mendapatkan sertifikasi penerjemah tersumpah, mari pahami dulu apa itu profesi penerjemah tersumpah. Pada dasarnya seperti yang sudah kami jelaskan di awal sebelumnya penerjemah tersumpah merupakan jasa penerjemah yang keahlian terjemahannya sudah diakui oleh lembaga resmi seperti HPI atau Himpunan Penerjemah Indonesia. Demi membuktikan keahlian mereka sendiri, mereka akan mengikuti sebuah tes yang diadakan oleh LBI UI yang mengharuskan mereka lulus dengan nilai tinggi, yaitu minimal 90 atau keakuratan terjemahan yang lebih dari 90%.


 

Bilamana nilai mereka dalam tes tersebut sudah mencukupi dan dinyatakan lulus maka mereka akan memperoleh sebuah sertifikat resmi sebagai seorang penerjemah tersumpah. Selain itu, sertifikat ini bisa menjadi bukti manakala penerjemah tersumpah tersebut ditanya soal kredibilitas yang dimilikinya. Selain itu, sertifikat tersebut juga merupakan sertifikat resmi yang dikeluarkan langsung oleh Universitas Indonesia sehingga kredibilitasnya sudah terbukti.

 

Namun, tidak hanya sampai disitu. Setelah dinyatakan lulus dan memperoleh sertifikat resmi, calon penerjemah tersumpah juga harus disahkan melalui pengukuhan sumpah di depan Menteri Hukum dan HAM secara langsung. Jika semua tahapan tersebut sudah dilalui, maka status penerjemah tersumpah mereka sudah resmi dan mereka boleh membuka jasa atau layanan.


Perbedaan Penerjemah Tersumpah dengan Penerjemah Biasa


Beberapa dari Anda pasti saat ini bertanya-tanya apa yang membedakan penerjemah tersumpah dengan penerjemah biasa. Pada dasarnya perbedaan keduanya sudah terlihat dari segi gelar dan juga sertifikat yang dimilikinya. Namun tidak hanya itu, sebab bidang yang dikerjakan oleh mereka pun berbeda. Di mana penerjemah tersumpah umumnya hanya mengerjakan dokumen-dokumen penting yang terkait dengan legalitas dan juga hukum-hukum penting.


 

Sedangkan berbeda dengan penerjemah tersumpah, penerjemah biasa umumnya hanya mengerjakan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan legalitas atau hukum-hukum  penting. Mereka cenderung mengerjakan tugas umum penerjemah biasa, seperti menerjemahkan produk ataupun film.

 

Dari segi hasil terjemah sendiri, hasil terjemah seorang penerjemah tersumpah dengan hasil terjemahan penerjemah biasa sekilas terlihat tidak jauh berbeda. Namun sebenarnya, hasil terjemah penerjemah tersumpah cenderung lebih rapih dan sudah mengikuti berbagai aturan hukum penerjemahan yang berlaku. Selain itu, hasil terjemah penerjemah tersumpah sendiri lebih minim kesalahan, baik itu dari segi gramatikal hingga yang lainnya.


Cara Mendapatkan Sertifikat Penerjemah Tersumpah


Setelah mengetahui apa itu penerjemah tersumpah secara detail hingga perbedaan antara penerjemah tersumpah dan penerjemah biasa, kini saatnya Anda mengetahui cara mendapatkan sertifikat penerjemah tersumpah. Berikut penjelasan lebih detail mengenai cara mendapatkan sertifikat penerjemah tersumpah:


1. Simak Website Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI)


Langkah pertama untuk menjadi seorang penerjemah tersumpah yang resmi adalah dengan menyimak website dari Himpunan Penerjemah Indonesia secara rutin. Di mana tahap ini dilakukan guna mendapatkan informasi terkait dengan informasi tes dan juga persyaratan-persyaratan yang perlu Anda siapkan dalam mengikuti tes. Jangan sampai Anda sudah siap mengikuti tes namun gagal mendapatkan sertifikat hanya karena Anda tidak mengetahui informasi mengenai waktu tes dan juga berkas-berkas yang harus disiapkan.


2. Melakukan Pendaftaran dan Memenuhi Persyaratan


Setelah Anda mengetahui semua informasi terkait dengan berkas dan juga waktu pelaksanaan, kini saatnya Anda melakukan pendaftaran tes jika sudah dibuka. Di mana dalam hal ini penting bagi Anda untuk mengetahui detail dari setiap persyaratan tes dan menyiapkannya dengan rapi.

 

Persyaratan-persyaratan untuk menjadi penerjemah tersumpah adalah :


  1. Anda harus menjadi anggota dari organisasi Himpunan Penerjemah Indonesia. Di mana statusnya adalah sebagai anggota penuh atau anggota muda. Selain itu, selama Anda menjadi anggota sendiri Anda harus membayar iuran tahunan. Di mana umumnya kisaran biaya tahunan untuk anggota penuh adalah Rp 350 ribu sedangkan untuk anggota muda Rp 150 ribu. Jika Anda sudah resmi menjadi anggota dari organisasi Himpunan Penerjemah Indonesia maka Anda dapat memperoleh informasi tes penerjemah tersumpah yang akan diselenggarakan organisasi tersebut.

  2. Memenuhi persyaratan EILTS atau TOEFL sesuai dengan arah bahasa yang Anda geluti.

  3. Telah menyelesaikan pendidikan Terjemahan Teks Hukum di LBI UI (Lembanga Bahasa Universitas Indonesia).


3. Mengikuti Pembekalan dan Pelatihan


Setelah Anda sudah resmi mendaftar, maka langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti pembekalan dan pelatihan yang sudah di siapkan. Namun Anda tenang saja, hal ini hanya dilakukan secara singkat sehingga tidak akan terlalu banyak menyita waktu Anda.


4. Menjalani Tes Kualifikasi Penerjemah


Setelah Anda mengikuti pembekalan dan pelatihan, maka hal berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk menjadi penerjemah tersumpah adalah menjalani tes kualifikasi penerjemah tersumpah. Sebelum menjalani tes tersebut, pastikan Anda menyiapkan mental dan juga fisik sehingga kondisi Anda tetap prima saat menjalankan tes.


5. Pengumuman Lulus atau Tidak


Setelah mengikuti tes dengan baik, maka Anda hanya perlu menunggu pengumuman hasil tes Anda. Di mana hasil tersebut nantinya akan menunjukan apakah Anda lulus kualifikasi sebagai penerjemah tersumpah atau tidak.


6. Mendapatkan Sertifikat Langsung dari Himpunan Penerjemah Indonesia


Jika Anda berhasil lolos tes penerjemah tersumpah maka Anda akan mendapatkan sertifikat. Di mana sertifikat tersebut akan dikeluarkan langsung oleh Himpunan Penerjemah Indonesia yang mana dapat menunjukan bahwa Anda adalah penerjemah tersumpah resmi.


Itulah tadi informasi mengenai cara mendapatkan sertifikat penerjemah tersumpah beserta penjelasan lebih detail mengenai profesi tersebut. Dengan mengikuti cara-cara dan juga persyaratan yang sudah ditentukan, Anda dapat menjadi seorang penerjemah tersumpah yang resmi dan terakreditasi.

 

Jika Anda sedang membutuhkan jasa seorang penerjemah tersumpah yang resmi dan dapat bekerja profesional Anda dapat menghubungi jasa penerjemah tersumpah Arif Hadi Wijaya. Di mana dengan jasa kami, kami akan pastikan semua dokumen penting Anda akan diterjemahkan dengan keakuratan tinggi. Selain itu, kami juga akan pastikan dokumen penting Anda akan tetap terjaga kerahasiaannya. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi kami untuk mendapatkan layanan penerjemah tersumpah resmi dan profesional.

61 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Nama Lembaga Keimigrasian dalam bahasa Inggris

Urusan Imigrasi sangat sering berkaitan dengan WNA yang ada di Indonesia, oleh karena itu tidak jarang dokumen keimingrasian perlu diterjemahkan dengan Jasa Penerjemah Tersumpah . Untuk membantu komun

Yorumlar


bottom of page