top of page
Gambar penulisArif Wijaya

Apa itu Penerjemah Tersumpah ?

Diperbarui: 27 Mar


penerjemah tersumpah

Penerjemah Tersumpah adalah seorang pejabat yang diangkat oleh Menteri Hukum dan HAM RI dan memiliki tugas untuk menerjemahkan dokumen-dokumen hukum, seperti Perjanjian, Dokumen Pengadilan, Akta Notaris, Izin Usaha, Dokumen Identitas Diri, Laporan, dan berbagai dokumen lainnya yang memiliki Kekuatan Hukum.


Sistem Penerjemah Tersumpah


Sistem Penerjemah Tersumpah sendiri hanya ada di Indonesia dan Sistem ini dimulai sejak jaman penjajahan Belanda. Pada jaman penjajahan Belanda, Belanda mengambil sumpah penerjemah-penerjemah Belanda><Indonesia untuk kepentingan terjemahan hukum, penjurubahasaan/interpreting dll.. Tujuan utamanya adalah agar ada Penerjemah yang dapat dipercayai oleh Pemerintah dalam hal keakuratan dan sebagainya .


Pada masa kini, Sistem Penerjemah Tersumpah masih digunakan untuk terjemahan dokumen-dokumen Hukum. Sistem Penerjemah Tersumpah ini bisa dibilang mirip dengan sistem Notarial Translation di negara Singapura, Malaysia, Hongkong, dan beberapa negara common law lainnya. Notarial translation dianggap berkekuatan hukum di negara-negara tersebut dan dapat diajukan legalisasi/appostille di negara bersangkutan. Hal ini mirip dengan terjemahan tersumpah yang berkekuatan hukum dan dapat diajukan untuk Legalisasi/Apostille di Kementerian Hukum dan HAM.


Pengertian Penerjemah Tersumpah sendiri telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 4 Tahun 2019, "Penerjemah Tersumpah adalah orang atau individu yang mempunyai keahlian dalam menghasilkan terjemahan, yang telah diangkat sumpah oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia dan terdaftar pada kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia." Peraturan Menteri tersebut dapat diunduh di bawah ini:








Mengapa Perlu Menggunakan Jasa Penerjemah Tersumpah?


Selain hasil pekerjaan dari seorang Penerjemah Tersumpah tentu sangat berkualitas dan akurat, terjemahan tersumpah sering kali dipersyaratkan dalam berbagai hal seperti:


A. Permohonan VISA;

Terjemahan tersumpah diperlukan dalam proses pengajuan VISA untuk menjamin keakuratan data dari dokumen hukum yang berupa identitas-identitas pribadi. Bayangkan saja jika data diri diterjemahkan sendiri atau oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga informasi dalam identitas yang sangat sensitif dapat diselewengkan. Untuk menghindari hal tersebut Jasa Penerjemah Tersumpah diperlukan dalam hal ini.

B. Bukti Pengadilan

Surat bukti untuk pengadilan dalam bahasa asing, wajib diterjemahkan oleh Penerjemah Tersumpah agar dapat diterima sebagai barang bukti. Selain hal ini diperlukan untuk membantu Hakim dalam menimbang suatu kasus, Terjemahan Surat Bukti berbahasa Asing ke dalam bahasa Indonesia oleh Penerjemah Tersumpah juga disyaratkan berdasarkan surat edaran Mahkamah Agung.


C. Pembuatan Perjanjian

Perjanjian antara orang asing dan orang Indonesia agar dapat mengikat secara hukum wajib untuk dibuat dalam bahasa Indonesia. Sehingga agar kedua belah pihak dapat memahami isi perjanjian, perjanjian antara orang asing dan orang Indonesia harus diterjemahkan oleh Penerjemah Tersumpah;


D. Pendaftaran Sekolah di Luar Negeri

Terjemahan dokumen pendidikan seperti rapor, ijazah, dll. wajib diterjemahkan oleh Penerjemah Tersumpah untuk menghindari adanya tindakan sengaja atau tidak disengaja yang mengubah nilai atau informasi apa pun yang terkandung dalam dokumen pendidikan tersebut;


E. Urusan Pencatatan Sipil Dalam dan Maupun Luar Negeri

Sama dengan pengurusan VISA, dokumen berupa identitas pribadi untuk dipakai di Luar Negeri maupun yang dari Luar Negeri untuk digunakan di Indonesia wajib diterjemahkan oleh Penerjemah Tersumpah untuk memastikan keakuratan informasi dalam dokumen identitas tersebut.


Jika anda mencari Penerjemah Tersumpah yang berkualitas, anda dapat menghubungi:


Penerjemah Tersumpah Arif Wijaya atau Kantor Penerjemah Tersumpah Link Translation 









368 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page